Buat Modeling Digital Pengelolaan Data Koleksi, Museum Geologi jalin kerjasama dengan Sekolah Vokasi ULBI

 




Bandung - Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) menjalin kerja sama dengan Museum Geologi, Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Salah satu rencana kerja yang akan dilakukan adalah menyusun model Transformasi Digital Pengelolaan Data Koleksi Geologi untuk Peningkatan Pelayanan Publik yang Optimal.

Kerja sama tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Dekan Sekolah Vokasi ULBI, Dodi Permadi, MT. dengan Kepala Museum Geologi, Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Raden Isnu Hajar Sulistiyawan, ST., MT. di Museum Geologi, Selasa (27/8). 

Raden mengatakan, sebagai otoritas pemerintahan di bidang kegeologian, Museum Geologi memiliki peran yang penting. Selain melakukan pemantauan dan inventarisasi data geologi, badan ini juga memiliki fungsi menyusun kebijakan terkait Pengelolaan Data Koleksi Geologi. “Kebijakan ini memerlukan dukungan perguruan tinggi,” ujar Raden. 

Pihaknya juga bertanggung jawab memantau Pengelolaan Data Koleksi Geologi untuk Peningkatan Pelayanan Publik yang Optimal. Museum Geologi memilki banyak koleksi geologi, Untuk itu, Raden mendorong adanya kerja sama intensif dengan perguruan tinggi, Raden menaruh harapan kuat kepada ULBI untuk menyusun model Pengelolaan Data Koleksi Geologi untuk Peningkatan Pelayanan Publik yang Optimal. “Bila modeling ini sudah digunakan, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih optimal,” tuturnya. Sebagai laboratorium geologi terbesar di dunia, Indonesia tentunya menjadi sasaran bagi para peneliti geologi mancanegara. Hal ini menjadi peluang bagi para akademisi dan peneliti geologi nasional untuk melakukan berbagai macam penelitian. “Kita punya 400 ribu sampel dari seluruh Indonesia di Museum Geologi. Teman-teman bisa manfaatkan untuk riset. Singkat kata, mari bersama-sama lakukan penelitian, khususnya terkait masalah kebijakan, kebencanaan, dan kebutuhan masyarakat,” kata Raden.

Menanggapi usulan kerja sama tersebut, Dekan Sekolah Vokasi ULBI, Dodi Permadi mengatakan akan banyak peluang yang bisa dijalankan bersama. Penyelesaian tantangan di bidang geologi memerlukan keterlibatan sektor keilmuan lainnya. “Setiap kemampuan dari masing-masing, kita manfaatkan dan kerjakan bersama untuk menjadikan sesuatu yang produktif,” kata Dodi. 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.