JALIN KERJASAMA, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL TEKEN MOU DENGAN BALAI BESAR KERAMIK


Bandung – Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Balai Besar Keramik (BBK), Rabu (20/10/22) dalam acara Temu Usaha Industri dan Peringatan 100 Tahun BBK di Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Keramik dan Mineral Nonlogam, Jl. A. Yani No. 392 Bandung.

Balai Besar Keramik adalah unit pelaksana teknis di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, Kementerian Perindustrian. Sesuai dengan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor: 40/M-IND/ PER/ 6/ 2006 tanggal 29 Juni 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Keramik, Balai Besar Keramik (BBK) adalah unit pelaksana teknis di lingkungan Departemen Perindustrian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Balai Besar Keramik mempunyai tugas melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, kerjasama, standardisasi, pengujian, sertifikasi, kalibrasi dan pengembangan kompetensi industri keramik sesuai kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri.


Naskah MoU ditandatangani langsung oleh Rektor Universitas Logistik dan Bisnis Internasional, Dr. Ir. Agus Purnomo, MT. dan Kepala Balai Besar Keramik, Azhar Fitri. Penandatangan MoU tersebut bertujuan untuk menyinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak guna penyelenggaraan kerja sama dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lingkungan ULBI. 

Dr. Ir. Agus Purnomo, MT. mengatakan, ada tiga ruang lingkup yang disepakati dengan Balai Besar Keramik. "Nota Kesepahaman ini mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, penyelenggaraan MBKM. Dan tidak menutup kemungkinan kerja sama lain yang disepakati oleh para pihak kemudian secara tertulis dalam bentuk perjanjian," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BBK, Azhar Fitri, mengungkapkan terima kasih kepada ULBI atas penandatanganan MoU ini. Azhar mengutarakan, pihaknya akan mendukung penuh pengembangan kemampuan mahasiswa ULBI, terutama di bidang praktik kerja industry atau Internship.

Sebab, saat ini mahasiswa tidak hanya dituntut untuk menguasai materi, namun juga harus memahami pengimplementasian ilmu yang didapat selama kuliah.

"Memang ini penting. Barangkali nanti ULBI bisa mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di tempat kami. Dan, nanti hasil risetnya juga bisa bermanfaat bagi apa yang kami kerjakan dan bagi mahasiswa," ucap Azhar.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.